Selasa, 12 Juli 2011

LAYANILAH DIA DENGAN IKHLAS DAN DENGAN CERDAS SEBELUM DIA MINTA


10. Dan filosofi hidup calon pasangan kita perlu diwaspadai, apakah ada kecocokan dengan anda atau tidak, karena mungkin saja filosofinya normal, mungkin saja terlalu tinggi atau mungkin saja terlalu rendah. Dengan arti mungkin dia radikalisme atau terorisme, pemalas atau tidak peduli.

11. Ungkapan cinta, rindu, sayang dan sering mengajak anda berjalan-jalan untuk makan bersama, atau menghirup udara di pinggir pantai, menikmati indahnya alam, itu belum menjadi ukuran keseriusan hatinya pada anda. Janganlah cepat percaya, karena keseriusan seseorang pada yang lain, apabila dia bersedia nikah dengan anda. Maka janganlah pernah anda menyerahkan diri kepadanya sebelum kamu menikah. Karena laki-laki itu banyak sekali yang pandai merayu, habis manis sepah dibuang, akhirnya anda sendiri yang terkapar.



  Sering saya sampaikan kepada pelajar putri di sekolah : Jangan mau berduaan dengan yang ajnabi pada tempat sepi karena setan dan nafsu akan menjerat kamu berdua dalam perbuatan mesum. Tetapi apabila dia meminta kesediaan anda untuk menikah dengannya, atau dengan bahasa lain yang maksudnya sama, maka hargailah itu. Itu adalah bukti keseriusan seorang laki-laki pada wanita, janganlah salah kaprah bila menerima lamaran yang suci ini. Ini adalah kesempatan emas bagi anda untuk membangun rumah tangga. Hormatilah pinangan itu, timbang dengan cermat, pedomani apa yang saya sampaikan diatas, ukur dan tinjau dari segala segi, apakah anda terima atau tidak. Tapi saya tegaskan disini, bagaimanapun cerdasnya seseorang, tidak akan mungkin ilmunya dapat menjangkau bagaimana keadaan rumahtangganya di masa depan.

   Rasul memberi kita solusi terbaik yaitu ISTIKHOROH. Maka istikhorohlah dulu selama 3 malam berturut-turut. Minta pendapat Allah apakah orang ini baik bagi anda dunia dan akhirat. Doanya begini kira-kira : Kalau baik orang ini bagi saya ya Allah, mudahkanlah urusan saya dengan dia, dan kalau tidak baik ya Allah jauhkanlah dia dari hati saya, dan berikanlah bagi kami berdua yang lebih baik dalam urusan jodoh ini. Amiin. Setelah selesai istikhoroh, beritahulah dia bagaimana keputusan anda, tentunya dengan segala kehormatan dan adab.

12. Sebelum memasuki jenjang perkawinan, perlu diketahui watak dari laki-laki dan watak dari perempuan, kelebihan dan kekurangan masing-masing, supaya dapat beradaptasi dengan baik sepanjang umur. Laki-laki sejati memang dipersiapkan secara fithrah untuk memimpin wanita, dengan segala kelebihan yang ada padanya. Dan tidaklah tepat dari segala sudut, apa yang digembar gemborkan sebagian orang dengan EMANSIPASI ( persamaan hak antara laki-laki dan wanita di segala bidang ).

  Wanita, yang hati dan phisiknya lembut, tentu tidaklah akan mungkin dapat bersaing dengan laki-laki dalam lomba lari misalnya, walaupun mereka sama dilatih, walaupun mereka telah disortir terlebih dulu. Demikian pula dalam hal keberanian, laki-laki lebih tegar dan lebih cerdas dan cekatan jika dibandingkan dengan wanita ketikan menghadapi suatu bahaya. Tapi dalam masalah pendidikan, dalam masalah kesempatan kerja, tidak ada salahnya kalau peluang diberikan sama kepada laki-laki dan kepada wanita.

13. Watak laki-laki yang perkasa itu, sebenarnya dalam batinnya ada keinginan yang sangat kuat – sadar atau tidak sadar – untuk selalu disentuh oleh kelembutan wanita yang disayanginya. Maka berbahagialah wanita yang mengetahui ini dan dengan penuh kecerdasan, melaksanakannya kepada sang suami.

14. Setelah akad nikah dilaksanakan, - maaf sebelum hubungan badan dilaksanakan – ajaklah pasangan anda untuk berdialog, curhat untuk saling mengenal prinsip dan keinginan masing-masing untuk dipedomani oleh masing-masing supaya keharmonisan dapat dipertahankan di masa-masa yang akan datang.

Laki-laki secara umum mampu mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat, namun sangat tidak suka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sepele. Pekerjaan yang sepele itu diantaranya menghidangkan kopi / teh, memasak, menyapu rumah, mencuci pakaian, menggosok pakaian dst. Dalam masalah-masalah yang seperti ini, dia sangat mendambakan wanita yang disayanginya melayaninya dengan ikhlas dan cekatan. Mulutnya tidak akan pernah meminta ini, faktor gengsi barangkali. Oleh karena itu layanilah dia dengan senang hati.

a. Kalau dia pecandu kopi, tanya dia komposisi kopi dan gulanya, apakah seimbang atauy bagaimana, jangan buat selera anda, dan tanya pula dia kapan itu dihidangkan. Maka sebelum waktunya tiba, anda telah mempersiapkannya dan menghidangkannya TEPAT pada waktunya, yaitu SEBELUM dia minta. Dengan cara sederhana itu, engkau akan masuk dalam memori ingatannya sebagai WANITA yang AGUNG. Kata kunci dalam masalah yang sepele ini, LAYANILAH DIA DENGAN IKHLAS DAN DENGAN CERDAS SEBELUM DIA MINTA. Kalau sempat dia minta, maka kesempatan emas bagi anda telah hilang, untuk mendapat kasih sayangnya yang mendalam. Dan apabila hal ini sering terulang maka kedudukan anda di hatinya, akan berubah secara drastis. Ini nanti akan terlihat pada sikapnya yang kurang ramah, acuh, sering marah dsb.

b. Kemudian, apa yang dia sayangi – apapun itu – selama tidak bertentangan dengan ajaran agama, maka turutlah menyayanginya, turutlah menjaga dan merawatnya. Tanya dia, diantara pakaian anda ini, manakah yang paling anda sukai, tentu akan dijawabnya dengan jujur, maka hati-hatilah menggosoknya, jangan sempat terbakar, karena kalau sempat terbakar, bencana yang akan anda terima sungguh sangat besar. Kalau dia menyayangi senapan angin misalnya, maka turutlah menyayanginya, jangan biarkan anak-anak mengganggunya, simpanlah pada tempat yang aman. Begitu juga kalau dia menyayangi kenderaannya misalnya, cucilah sebelum dia minta. Ini jugalah resep mujarrab untuk mengambil hati atasan kita. Gak percaya, coba !

c. Pada saat dia berangkat kerja, antarlah dia di muka pintu, doakanlah dia selamat di perjalanan, doakan pula supaya dia dianugerahi kesehatan, reseki yang halal dan baik, supaya mudah kamu melaksanakan ibadah kepada Allah. Dan sebelum dia pulang kerja, bersihkanlah rumah, rawat dan bersihkan anak-anak dengan baik, jangan anda tidak di rumah. Kecapekannya dalam kerja akan terobati sebagian besar, pada saat dia menemukan isterinya ada di rumah bersama anak-anaknya dalam keadaan baik. Sambutlah dia dengan wajar, tanpa berlebih-lebihan. Berilah dia waktu untuk menenangkan pikiran dan badannya, jangan suguhi dia dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengganjal di hati anda, kecuali dia yang memulai lebih dulu.

  Ini penting karena mungkin di tempat kerjanya ada masalah pelik yang dia hadapi, yang belum saatnya anda ikut campur didalamnya. Setelah dia cukup waktu menenangkan diri, temuilah dia, bahaslah dengannya permasalahan yang anda hadapi dan yang dia hadapi. Iya kalau ada waktu, kata orang sekarang, kalau tidak ada waktu bagaimana ? Soalnya orang modren sibuk terus dan sibuk. Lalu bagaimana ?. Jawabannya, kenapa anda pilih suami yang super sibuk, salah anda sendiri. Tahankan. Ibadah anda-pun nanti akan terganggu dan semakin terganggu, nauzu billah.

Dalam melaksanakan kerja berat tidak usah anda bantu dia kecuali dia meminta, dan bantulah dia sedaya mampu anda.

Wanita secara umum, dalam batinnya ingin diperhatikan, ingin dipuji dan disanjung, maka laki-laki yang bijak, tidak akan pelit memberikan perhatian dan pujian ini. Oleh karena itu termasuk kebohongan yang dibolehkan dalam agama, adalah memuji isteri, misalnya : alangkah cantiknya kamu, alangkah anggunnya pakaianmu itu, walaupun dia hitam legam misalnya, kurus kerempeng dsb. Itu boleh dan dibolehkan. Dan karena kehalusan budinya, wanita tidak dapat menerima kesalahannya apabila langsung dibeberkan, tehniknya pujilah dia lebih dulu, baru tunjukkan kesalahannya. Misal isterimu hitam, anda berikan uang untuk membeli baju baru, ternyata yang dia beli warna merah. Salah kan ?! Maka dengan bijak katakanlah : baju ini kualitasnya baik, pandai kamu memilihnya. Modelnya sesuai benar dengan bodimu, terampil sekali kamu memilih. Tapi warnanya ini, kurang pas. Rumusnya adalah , dua kali pujian, baru tunjukkan kesalahannya. Sebenarnya ini rahasia jabatan, tapi karena banyak sekali manfaatnya, apalagi banyak laki-laki yang baik, belum ( tidak mengetahuinya ), maka untuk kesejahteraan rumah tangga, saya cantumkan disini. Maaf kalau ada yang tidak setuju.

Kemudian dalam menyelesaikan masalah, ajaklah isteri musyawarah, mintalah pendapatnya, jangan dia hanya menerima keputusan doang. Karena dia akan sangat tersinggung apabila pendapat dan buah pikirannya tidak dilibatkan. Tentang pendapatnya apakah diterima atau ditolak, itu masalah kedua baginya. Dia paling bilang : terserah kamu ajalah.

Pada saat sang suami ada masalah pelik, ada masalah besar yang dia hadapi, maka peranan yang mesti dimainkan oleh isteri ialah : Pertama USAHAKAN SUPAYA SANG SUAMI BENAR MERASA BAHWA ANDA IKUT DALAM KESULITAN YANG DIHADAPINYA, TUNJUKKAN DAN BUKTIKAN EMPATI ANDA PADANYA. Kedua, fungsi anda bukan untuk menyelesaikan masalah sang suami, tetapi memberi dorongan dan menumbuhkan percaya dirinya kembali, sehingga dia tegar kembali. Anda katakan kepadanya : apapun yang anda hadapi percayalah, saya tetap memberikan dukungan sepenuhnya, bahkan saya berdoa semoga masalah ini, bisa abang selesaikan dengan cepat dan tepat. Kesalahan yang biasa dilakukan isteri dalam situasi yang begini, dia mendikte suaminya, buatlah begini dan begitu. Cara ini bukan menyelesaikan masalahnya tapi akan menambah besar masalah yang dia hadapi. Oleh karena itu cerdaskanlah sikap anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dunia ini memang indah,, tergantung bagaimana kita menjaga keindahan itu,,. untuk itu mari kita bersatu, satu pikiran satu tujuan untuk Indonesia merdeka,.. berpisah kita berjuang bersatu kita memukul..