KONSEP DASAR
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
METODOLOGI
PENELITIAN : Ilmu tentang metode teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan prosedur yang
terpercaya.
Penelitian
yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat
dipertanggungjawabkan Mengenai proses pendidikan
TUJUAN
UMUM PENELITIAN
PENDIDIKAN : Menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu
pengetahuan, konsep, prinsip, dan generalisasi tentang pddkn
SYARAT-SYARAT PENELETIAN PENDIDIKAN:
1. Dilakukan secara sistematis : sesuai
dengan pola, teknik, prosedur ilmiah
2. Logis : berdasarkan logika berfikir
ilmiah dan didukung teori.
3. Terencana : dirancang dengan sengaja
apa, bagaimana, kapan, siapa, mengapa, di mana.
CIRI-CIRI PENELITIAN PENDIDIKAN:
a. Obyektif (tidak bias, terbuka dan
tidak subyektif).
b. Tepat atau persis, yaitu penggunaan
kata/istilah teknis secara Benar sehingga tidak membingungkan atau salah
tafsir.
c. Verifikatif, dapat dikonfirmasi atau
direvisi oleh hasil penelitian lain.
d. Menerangkan, menyederhanakan masalah
yang kopleks menjadi mudah/sederhana.
e. Empiris, didasarkan pada data kongkrit,
bukan pemikiran semata.
f. Probabilitas, menawarkan
pngthuan.probabilistis, bukan satu-satunya kebenaran
HAKIKAT METODOLOGI PENELTIAN:
1. WHAT : Tema, masalah, obyek.
2. WHERE : Tempat, lokasi, setting
3. WHY : Alasan, Latar Belakang,
Urgensi
4. HOW : Metode penelitian
- Jenis peneletian (Lapangan,
literer, kualitatif atau kuantitatif)
- Penentuan Subyek dan Obyek
- Teknik pengumpulan data
- Analisis ( pendekatan, metode
berpikir, teknik penarikan kesimpulan)
5. WHEN
: Waktu pelaksanaan
PETA
WILAYAH PENELITIAN PENDIDIKAN:
1. Pemikiran (gagasan, ide,
pemikiran tokoh pendidikan)
2. Konsep umum (elaborasi ayat,
hadits kitab undang2, piagam yg berhubungan dengan pendidikan).
3. Kurikulum pendidikan
4. Impelentasi kurikulum di lapangan
(praktek pembelajaran).
5. Lembaga pendidikan (sej.perkembangan,
manajemen, kebijakan).
MASALAH
PENELITIAN PENDIDIKAN:
Definisi :
Adanya
kesenjangan antara idealitas dg realitas, teori dengan praktek, atau yang
seharusnya dengan yang senyatanya dalam masalah pendidikan.
Sumber Masalah :
1. Kepustakaan : buku-buku atau laporan
penel.pendkn sebelumnya.
2. Forum pertemuan ilmiah : seminar
pendidikan
3. Praktek pendidikan di lapangan
KARAKTERISTIK
MASALAH
PENELITIAN YANG BAIK:
1. Bisa dipecahkan (tersedia data,
teori)
2. Clear (jelas rumusannya, fokus)
3. Signifikan (memiliki urgensi,
kontribusi)
4. Etis (tidak bertentangan dengan
norma, etika).
IDENTIFIKASI MASALAH
Dipertimbangkan :
Esensial :
1. menduduki urutan terpenting di
antara masalah2 yang ada.
2. Urgen/mendesak untuk dipecahkan.
3. Bermanfaat bila dipecahkan
PERUMUSAN MASALAH
HAL-HAL
YANG HARUS DIPERHATIKAN :
a.
substansi/isi
masalah : berbobot dan orisinil.
- Berbobot : mempunyai nilai guna baik teoritis maupun praktis
- Orisinil : belum terjawab oleh teori maupun penelitian lain.
b.
Formulasi
rumusan masalah :
- diajukan dlm.bentuk kal.
Pertanyaan.
- jelas, tajam, akurat.
- menghubungkan dua variabel atau
lebih
c. Teknis : perlu memperhatikan
kelayakan apakah dpt.dijawab secara empirik dengan penelitian yang akan
dilaksanakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
dunia ini memang indah,, tergantung bagaimana kita menjaga keindahan itu,,. untuk itu mari kita bersatu, satu pikiran satu tujuan untuk Indonesia merdeka,.. berpisah kita berjuang bersatu kita memukul..